Ternyata Kita Bisa Ganti Foto KTP Lho! Ini Caranya

Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas resmi yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Namun, sering kali foto KTP yang kurang memuaskan membuat kita merasa tidak nyaman. Banyak orang yang tidak percaya diri ketika harus menunjukkan KTP mereka karena foto yang “memalukan”. Padahal, foto KTP yang dianggap kurang memuaskan tersebut sebenarnya bisa diganti loh. Anda bisa melakukannya dengan prosedur yang relatif mudah. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengganti foto KTP yang kurang memuaskan bagi Anda, sehingga Anda bisa tampil lebih percaya diri saat menunjukkan identitas resmi tersebut.

Pentingnya Mengganti Foto KTP

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa merubah foto diri pada KTP bukan menjadi sebuah prioritas yang harus dilakukan. Namun sebenarnya, terdapat beberapa alasan penting mengapa Anda harus melakukannya. Alasan yang paling utama, KTP merupakan kartu identitas yang sangat penting bagi setiap warga negara Indonesia karena berfungsi sebagai tanda pengenal resmi dalam berbagai keperluan administrasi.

Memiliki foto yang kurang memuaskan dapat mempengaruhi rasa percaya diri Anda. Terlebih, saat ini KTP berlaku seumur hidup, sehingga bisa memberikan dampak dalam waktu yang lama. Dengan mengganti foto KTP, Anda bisa memastikan bahwa identitas yang tertera pada kartu tersebut lebih merepresentasikan diri Anda yang sebenarnya, sehingga lebih nyaman saat harus menunjukkannya dalam berbagai situasi.


(sumber foto. www.tribunnews.com)

Foto KTP yang diambil beberapa tahun, atau bahkan belasan tahun lalu juga membuatnya berbeda dengan penampilan Anda sekarang. Setelah beberapa tahun, penampilan Anda mungkin berubah secara signifikan karena berbagai faktor, mulai dari perubahan berat badan, operasi, atau gaya rambut yang berubah drastis. Dengan mengganti foto KTP, Anda memastikan bahwa foto yang tertera sesuai dengan penampilan Anda saat ini. Foto KTP yang lebih akurat dapat membantu dalam berbagai situasi administratif dan legal di mana identifikasi visual yang tepat sangat penting.

Foto KTP yang diambil beberapa tahun, atau bahkan belasan tahun lalu juga membuatnya berbeda dengan penampilan Anda sekarang. Setelah beberapa tahun, penampilan Anda mungkin berubah secara signifikan karena berbagai faktor, mulai dari perubahan berat badan, operasi, atau gaya rambut yang berubah drastis. Dengan mengganti foto KTP, Anda memastikan bahwa foto yang tertera sesuai dengan penampilan Anda saat ini. Foto KTP yang lebih akurat dapat membantu dalam berbagai situasi administratif dan legal di mana identifikasi visual yang tepat sangat penting.

Proses mengganti foto KTP juga menjadi kesempatan untuk memperbarui data lainnya jika diperlukan. Misalnya, perubahan alamat atau status pernikahan. Dengan demikian, mengganti foto bisa menjadi langkah yang berguna untuk memastikan semua informasi pada KTP tetap up-to-date dan akurat, membantu Anda dalam berbagai keperluan administratif dan memastikan data diri yang tercantum tetap relevan.

Persyaratan dan Ketentuan Ganti Foto KTP

Meskipun terdengar sederhana, mengganti foto diri pada KTP tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi. Berdasarkan Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 74 Tahun 2015 mengenai Tata Cara Perubahan Elemen Data Penduduk dalam KTP elektronik, permohonan penggantian foto harus dilakukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Ada beberapa hal yang diperlukan selama pengajuan penggantian foto, yaitu:

  1. Berkas pengajuan 

Pastikan Anda membawa dokumen-dokumen penting seperti KTP lama, Kartu Keluarga (KK), dan surat pengantar dari RT/RW jika diperlukan. Dokumen-dokumen ini akan digunakan untuk verifikasi data diri..

  1. Proses Pengajuan

Setelah semua dokumen lengkap, Anda bisa langsung mengajukan permohonan ke Dukcapil tanpa perlu melalui RT/RW dulu sebelumnya. Disana, Anda harus mengisi formulir permohonan ganti foto KTP yang telah tersedia. Pastikan semua data diisi dengan benar untuk menghindari masalah di kemudian hari.

  1. Menyiapkan Alasan Penggantian

Biasanya, Dukcapil memerlukan alasan yang jelas mengapa ingin mengganti foto KTP. Tidak semua foto KTP dapat diganti begitu saja, ada ketentuan yang mengaturnya. Foto KTP yang boleh diganti adalah  Foto KTP yang kondisi gambar atau foto buram, tidak jelas, terkelupas, atau mengalami kerusakan lainnya.

Alasan seperti perubahan fisik yang signifikan atau kerusakan pada foto KTP yang lama bisa diterima. Selain itu, perubahan penampilan pada pemilik kartu, seperti penggunaan hijab oleh perempuan yang sebelumnya tidak mengenakannya, atau perubahan setelah menjalani prosedur operasi juga bisa menjadi alasan untuk melakukan permohonan perubahan foto.

Prosedur Pengajuan Pergantian Foto

Proses penggantian foto KTP sebenarnya cukup sederhana jika Anda mengikuti langkah-langkah yang benar, dan memenuhi persyaratan yang telah tercantum. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk proses penggantian foto KTP:

  1. Kunjungi kantor Dukcapil daerah setempat.
  2. Ajukan permohonan untuk mengganti foto KTP kepada petugas loket.
  3. Serahkan KTP lama dan Kartu Keluarga (KK) untuk verifikasi oleh petugas.
  4. Anda kemudian akan mendapatkan formulir surat pernyataan perubahan data kependudukan yang sudah ditandatangani dan dilengkapi dengan materai dari petugas. Isi formulir dengan data dan informasi yang sesuai.
  5. Setelah proses administratif selesai, Anda akan dipanggil untuk sesi pengambilan foto.
  6. Sebelum pengambilan foto dilakukan, petugas akan memverifikasi data melalui pemindai sidik jari.
  7. Lakukan sesi pengambilan foto oleh petugas.
  8. KTP elektronik dengan foto baru Anda akan segera dicetak dan siap digunakan.

Tips Selama Pengambilan Foto

Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan Anda berpakaian rapi dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hindari menggunakan pakaian dengan pola yang terlalu mencolok atau aksesori yang berlebihan, agar fokus tetap pada wajah Anda.

Saat pengambilan foto, cobalah untuk tersenyum tipis atau minimal menghadap kamera dengan wajah yang rileks dan tidak tegang. Hindari ekspresi wajah yang terlalu keras atau serius, karena itu dapat mempengaruhi hasil akhir. 

Manfaat Memiliki Foto KTP yang Baru

Mengganti foto KTP bukan hanya mengubah gambar lama dengan yang baru, tetapi juga memperbarui identitas Anda secara akurat. Dengan memiliki foto KTP yang mencerminkan penampilan terkini, Anda tidak hanya memastikan identitas yang lebih akurat, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dalam situasi resmi. Foto yang jelas dan akurat juga mempermudah berbagai proses administratif yang memerlukan verifikasi identitas, sambil menghindari potensi masalah di masa depan yang disebabkan oleh ketidaksesuaian antara foto dan penampilan fisik Anda. 

Selain itu, proses ganti foto KTP memberikan kesempatan untuk memperbarui data lain seperti alamat atau status pernikahan, memastikan informasi pada KTP tetap relevan dan up-to-date. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda dapat memastikan bahwa foto KTP Anda tidak hanya memenuhi persyaratan administratif tetapi juga memperkuat identitas Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Mengganti foto KTP adalah langkah penting untuk memastikan identitas Anda selalu akurat dan up-to-date. Dengan prosedur yang relatif mudah, Anda bisa mengajukan permohonan penggantian foto pada KTP Anda yang kurang memuaskan dan sekaligus memperbarui data lainnya jika diperlukan. Langkah ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri saat menunjukkan KTP, tetapi juga membantu menghindari potensi masalah di masa depan terkait ketidaksesuaian antara foto dan penampilan fisik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *